BAHAN NGOBROL

Paradoks di Batman V. Superman: Dawn of Justice

Warning: Heavy Spoiler (Duh!)

Sudah lama banget BANGO tidak membuat artikel. Tetapi kali ini BANGO akhirnya memutuskan bangun dari hiatusnya karena hadirnya film Batman V. Superman: Dawn of Justice.

BANGO enggak akan ngomongin review atau  kualitas film tersebut. Sebagai gantinya, BANGO akan menghajar beberapa paradok yang terjadi di dalam filmnya. Kenapa paradok ini timbul? Jawabannya gampang aja. Karena DC memiliki seorang Metahuman super cepat yang mengambil wujud salah satu dewa Yunani. Siapa lagi kalau bukan The Flash.

Kenapa The Flash memikul tanggung jawab besar di paradok yang ada di BVS: Dawn of Justice? Jawaban pertama yang pasti adalah, karena dia muncul di adegan tersebut (Duh!). Sedangkan jawaban lainnya adalah, karena The Flash adalah salah satu dari sekian banyak Metahuman DC yang memiliki kemampuan untuk berlari melintas waktu sambil makan hot dog, sembari membersihkan toilet dan menciptakan berbagai universe alternatif. Buangsit kan…

DC bahkan memiliki serial Flashpoint di New 52 yang berisikan 61 komik yang menceritakan berbagai perubahan yang terjadi karena seorang Flash berusaha mengubah masa lalu, yang berujung pada timbulnya realita alternatif. Sebuah paradok yang membingungkan tetapi menyenangkan.

Oke balik ke BVS: Dawn of Justice. Di berbagai chat dan timeline yang hadir di sosmed BANGO. Rata-rata sobat BANGO menyebut timeline “Injustice.” Sejatinya timeline tersebut sangat cocok bila dikaitkan dengan BVS: Dawn of Justice. Apalagi di film tersebut ada adegan di mana Batman “killstreak” dan Superman “got an army.” Tapi ada satu hal yang sedikit luput dan bisa menjadi landasan paradoks yang akan BANGO jelaskan berikut ini.

Masih ingatkan sobat BANGO, mengenai adegan Flash yang muncul di mimpi Batman sambil berkata, “apakah ini terlalu cepat?” Dari pertanyaan tersebut, bisa diambil kesimpulan kalau timeline BVS: Dawn of Justice mengalami sedikit pergeseran.

Kalau kita gabungkan kalimat “temukan Lois Lane, dia adalah kuncinya” dengan adegan di mana Superman berkata kalau dia kecewa terhadap Bruce yang membiarkan Lois Lane mati. Maka ada sebuah fakta yang tidak terhubung dengan benar.

Fakta tersebut adalah, Lois Lane tidak mati (sampai film berakhir). Sebaliknya malah Superman dikira mati.

Satu-satunya kejadian yang memperlihatkan Lois Lane hampir mati adalah ketika dia berusaha mengambil tombak Kryptonite yang dia buang ke dalam sebuah kolam (?).

Dengan gempilan paradok di atas, menurut BANGO plot Injustice mungkin tidak akan dimunculkan di film-film lanjutan BVS: Dawn of Justice. Mengapa demikian? Karena The Flash meleset dalam memberikan peringatan pada Bruce Wayne. Sebuah keanehan yang cukup jarang terjadi bagi seorang speedster yang sudah memiliki kemampuan menembus ruang dan waktu.

Ada kemungkinan DC malah akan memunculkan plot Flashpoint setelah plot raksasa lainnya. Plot ini kemungkinan besar akan ditempuh DC ketika mereka ingin mereset timeline DC Cinematic Universe. Untuk jaga-jaga siapa tahu fans benar-benar kecewa terhadap seluruh Cinematic Universe.

 

 

 

Advertisements
This entry was published on March 28, 2016 at 4:24 pm. It’s filed under Comic and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: