BAHAN NGOBROL

Nvidia GTX 970 Yay or Nay!

Lah, ini kenapa BANGO (Bahan Ngobrol) tiba-tiba malah ngebahas GPU lama. Kenapa bukan AMD R9 3xx yang gress dan ngacir itu? Pasti deh, di antara sobat BANGO ada yang ngomong begitu setelah melihat judul artikel kita. Yah, mau bagaimana lagi, emang rada telat sih kita bikinnya. Tapi telatnya bukan tanpa alasan lho. Telatnya artikel ini terjadi karena BANGO ingin memastikan sendiri, apakah produk AMD dengan arsitektur Hawaii XT benar-benar bisa mengantarkan janjinya yang low cost tapi high performance.

Kebetulan, minggu ini BANGO sudah merasakan kedahsyatan AMD R9 380, plus sudah banyak benchmark yang bertebaran di mana-mana sehingga data yang kita miliki lumayan komplit. Well, langsung aja yuk sobat BANGO, kita simak artikel kita yang satu ini, supaya enggak galau ketika disuruh milih GPU buat komputer kalian yang tercinta. XFX-R9-380-2 Pertama-tama BANGO ingin menjelaskan sesuatu terlebih dahulu. Pertama, dalam test ini BANGO adalah blog independen yang tidak dibayar oleh AMD ataupun Nvidia. Walaupun sebenernya kalau dimodalin juga enggak nolak. Kedua. BANGO akan lebih fokus ke nilai ekonomis produk yang bersangkutan. Jadi kalau mau lebih ke sisi teknis, akan ada feature lain membahas lengkap performa produk yang kami miliki. Ketiga. Karena independen, maka sample yang kami miliki sangat terbatas. Untuk Nvidia kami hanya menggunakan MSI GTX 970 Tiger Edition 4GB OC, sedangkan untuk AMD kami menggunakan XFX R9 380 4GB

Hasil Test

Kalau kita merujuk pada spesifikasi di atas kertas, R9 380 memiliki core clock yang lebih letoy ketimbang GTX 970. Tetapi di sisi lain seperti, floating point performance, texture mapping, pixel rate dan shading unit, R9 380 membuat GTX 970 berteriak minta tolong.  Lalu apakah hal ini berpengaruh pada hasil benchmark keduanya? Hmm, ternyata banyak faktor lain yang mempengaruhi hasil bechmark kami dan salah satunya faktor Nvidia GameWorks atau AMD Mantle. nvidia-geforce-gtx-960-nvidia-gameworks amd-mantle-overview-100055858-large GameWorks dan Mantle adalah API yang dikembangkan oleh Nvidia dan ATI. Walaupun sama-sama API, GameWorks memiliki sifat yang sangat tertutup, sedangkan Mantle dibuka selebar-lebarnya oleh ATI agar bisa digunakan semua developer dan sebisa mungkin tidak mempengaruhi kinerja GPU di luar AMD.

Trivia: Ada rumor yang menyebutkan, bila developer bekerja dengan menggunakan GameWorks, maka developer tersebut terikat dengan Nvidia dan tidak bisa bekerjasama dengan AMD. GameWorks dikabarkan memiliki fitur pengurangan performa untuk GPU AMD dan GPU Nvidia lawas. Hal ini terlihat jelas ketika GTX 670 dipakai untuk menjalankan The Witcher 3, melawan GTX 960. Perbedaan performa keduanya setipis kertas, tetapi GTX 670 terlihat terseok-seok ketika menjalankan game tersebut.

Dari penjabaran di atas, BANGO pasti sudah bisa menebak seperti apa jadinya bila game dikembangkan dengan Nvidia GameWorks, dan sebaliknya  apa bila game dikembangkan dengan menggunakan AMD Mantle. Dari yang sudah-sudah, saat sebuah game dikembangkan dengan GameWorks, maka pemilik GPU AMD akan tersenyum kecut karena game yang mereka beli memiliki banyak masalah. Sedangkan bila game tersebut dikembangkan menggunakan Mantle, para mengguna AMD akan bersorak-sorai melihat penambahan FPS yang mereka dapatkan ketika Mantle diaktifkan (contoh: Battlefield 4). Sedangkan pengguna Nvidia, tidak mengalam masalah ketika menjalankan game berbasikan Mantle, karena mereka masih bisa menggunakan berbagai API dasar seperti DirectX atau OpenGL.

Lalu Sobat BANGO Harus Beli Yang Mana?

Ini merupakan sebuah keputusan yang sulit. Dari sisi performa di atas kertas R9 380X sangat menggoda, tetapi bila kita melihat banyaknya game yang menggunakan GameWorks VS Mantle, maka kalian akan manyun memandangi daftar pengguna Mantle yang bisa dihitung pakai dua tangan dan satu kaki. 2381432-4116777984-futur Toko Hardware di Indonesia juga menambah kerumitan BANGO dalam memberi saran. Pasalnya, walaupun AMD atau Nvidia memotong harga GPU mereka, harga di toko-toko Indonesia tidak ikut terpengaruh. Hal ini terjadi karena kebanyakan penjual hardware di Indonesia adalah importir perorangan atau memiliki stok lama dengan harga lama. FYI, di Indonesia R9 380 bisa kalian beli dengan harga IDR 3.500.000-an. Sedangkan GTX 970 harus kalian tebus dengan harga IDR 4.300.000 hingga 5.200.000-an. Jadi sebenarnya R9 380 memiliki nilai ekonomis lebih tinggi ketimbang GTX 970.

Lalu? Ya, begitulah. Tidak ada yang sempurna di dunia ini. Dengan menimbang segala kekurangan dan kelebihan. Maka BANGO menyarankan Sobat BANGO untuk membeli GTX 970 bila kalian ingin bermain game dengan mudah. Cukup duduk manis, install driver baru dan langsung main. Sedangkan bila kalian senang melakukan tweak dan rela manyun berhari-hari hingga berbulan-bulan demi menunggu driver update dari AMD atau game optimization dari pihak developer, kalian bisa memilih R9 380. Toh bila sebuah game membutuhkan raw power sungguhan, R9 kalian akan tersenyum sumringah sambil memperlihatkan otot-ototnya.

Catatan Ketjil: Bango merupakan pengguna R9 270X dan GTX 970. Ketika Call of Duty: Advance Warfare diluncurkan pertama kali, game tersebut memiliki optimalisasi yang sangat buruk untuk GPU AMD. Patch yang memperbaiki masalah ini, baru dikeluarkan Sledge Hammer ketika gamenya sudah berjalan setengah tahun lebih.

Satu hal lagi yang harus Sobat BANGO perhatikan ketika berurusan dengan GPU AMD. Kalian harus benar-benar memperkirakan TDP GPU yang kalian pakai. R9 270X memiliki TDP sekitar 180 Watt, sedangkan GTX 970 hanya 145 Watt. Lalu bagaimana dengan R9 380 yang kami pakai sebagai perbandingan? Well, GPU tersebut memakai TDP 225 Watt. Angka yang sangat besar sehingga kami menyarankan penggunaan PSU 600 Watt agar R9 380 tidak kelaparan.

Advertisements
This entry was published on June 27, 2015 at 3:51 pm. It’s filed under Game and tagged , , , . Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: