BAHAN NGOBROL

Supervillain Origins: Ultron

Well, semaleman gue dan seorang sobat BANGO, ngobrolin tentang Ultron. Yah mau gimana lagi, walaupun gue pecinta DC, tapi Ultron yang sudah mulai mengintip di balik cakrawala, memaksa gue untuk menggali karakter tersebut cukup dalam. Ternyata hasilnya cukup amburadul. Gue tau, kontinuitas dunia komik itu rada-rada bikin snewen. Enggak DC enggak Marvel, dua-duanya hobi reset origin atawa asal usul sebuah karakter. Dari pada pusing, mendingan gue bikin artikel sekalian buat seluruh sobat BANGO.

ORIGIN

Karakter buatan Roy Thomas dan John Buscema ini muncul pertama kali di Avengers #54 (1968) sebagai Crimson Cowl. Nama Ultron baru benar-benar diperkenalkan pada episode selanjutnya. Melalui berbagai event flashback, akhirnya ketahuan siapa pembuat Ultron, yang tak lain dan tak bukan adalah Hank Pym, atawa Ant Man. Jadi tadinya Hank Pym ingin membuat sebuah sistem berdasarkan pola gelombang otak miliknya. Sayang, sistem tersebut memberontak dan mengalahkan Hank, mencuci otaknya dan melakukan berbagai upgrade. BTW, Ultron memiliki nama lengkap Ultron-5. Yang unik dari nama tersebut adalah, angka di belakang namanya selalu bertambah setiap kali dia berhasil bangkit kembali.

Pym_Ultron

Ultron and His Creator

Trivia: Ultron memiliki sifat Oedipus Complex (silakan dicari apa artinya). Yang jelas karena statusnya tersebut, Ultron-8 menciptakan sebuah robot wanita bernama Jocasta (silakan dicari lagi apa artinya). Kebetulan kah ini? Gue rasa enggak.

Sebagai musuh, Ultron kerap bangkit dan bertempur melawan Avengers. Beberapa Ultron memiliki upgrade dan sifat yang sedikit berbeda. Sebagai contoh, Ultron-6 yang merupakan Ultron pertama berbadan Adamantium. Ultron-12 atau Ultron Mark 12 yang mengenal Hank Pym sebagai Ayahnya dan bahkan hancur saat bertempur bersama mengalahkan Ultron-11. Ultron-18 yang terbuat dari besi dan masih banyak lagi.

Angkat-Kete

Yak, Sekarang Angkat Keteknya

Avengers: Age of Ultron

Film ini memiliki judul yang sama dengan komik Marvel yang terbit di tahun 2013, tapi ceritanya sangat berbeda. Di film ini, karena Hank Pym belum hadir, maka asal usul Ultron sedikit berbeda dengan komiknya. Ultron adalah A.I. buatan Tony Stark yang dirancang untuk bisa belajar dan beradaptasi. Tujuan Tony Stark membuat A.I. ini adalah untuk mengendalikan para Iron Legion. Sayangnya Ultron melihat manusia sebagai biang keladi kerusakan yang terjadi di bumi, sehingga dia memberontak dan bertempur melawan Avengers.

Trivia: Sudah melihat teaser Avengers: Age of Ultron? Nah, di teaser tersebut Marvel Studio menggunakan lagu Pinocchio yang berjudul “I’ve Got No Strings on Me”. Sangat cocok dengan mental state Ultron di film ini.

POWER

Yang namanya penjahat di komik pasti punya kekuatan super dong. Enggak mungkin lah dia baku hantam melawan para pahlawan Marvel cuman berbekal kancut di luar atau tudung saji yang bisa dilempar. Untuk itu, di sesi ini gue akan membahas sedikit kekuatan Ultron.

Encephalo-ray

Inilah salah satu kekuatan khas Ultron. Bila terkena serangan ini kalian akan masuk ke status koma. Dalam kondisi koma, Ultron bisa memanipulasi ingatan kalian, menanamkan perintah subliminal yang akan aktif dalam kondisi tertentu.

Enche&*$@#. Namanya Susah. Ya udah, ECENG GONDOK RAY....!!

Enche&*$@#. Namanya Susah. Ya udah, ECENG GONDOK RAY….!!

Hive-mind Technology

Tau kenapa Ultron sulit dibunuh? Jawabannya karena dia punya kekuatan untuk memindahkan pikirannya ke komputer atau badan lainnya yang sudah dia ciptakan. Kekuatan ini tampaknya terus berkembang sehingga akhirnya Ultron bisa mengendalikan ratusan badan Ultron sekaligus.

Adamantium Body

Wasp pernah dikendalikan Ultron sehingga akhirnya mencuri Adamantium untuk mengupgrade badan Ultron. Dengan kondisi tersebut, Ultron memiliki tubuh yang tidak bisa dilukai dengan cara tradisional.

Adamantium

Ayo Mandi, Kalau Pengen Jadi Wolvy

Superhuman Strength

Ultron memiliki Class-75 Super Strength. Itu artinya Ultron bisa mengangkat beban 50 hingga 75 ton. kekuatan 50 hingga 70 ton itu sebanding dengan Grey Hulk yang sedang berada dalam kondisi stabil.

Kekuatan Lain

Kekuatan lain yang dimiliki Ultron adalah, terbang, Concussive blasters, Radiation emitters, Tractor beams, energy absorption, dan berbagai kekuatan umum penjahat super lainnya.

WEAKNESS

Sekuat apapun badan Adamantium Ultron, bagian dalamnya tetap berupa sirkuit elektronik yang bisa dirusak dengan mudah. Untuk merusaknya kalian membutuhkan Nova Burstnya Human Torch, Hexnya Scarelt Witch, Panah Vibranium Hawkeye atau dibanting sekuat tenaga (hah?). Yup, sekarang gue tanya, Laptop mana yang kuat dibanting? BTW, yang membanting Ultron adalah Wonder Man, seorang superhero Class-100 Super Strength. Itu artinya dia bisa membanting Ultron dengan kekuatan lebih dari 100 ton.

ultron-secret-wars-590x900

Meleleh Cuy!

 

Advertisements
This entry was published on March 24, 2015 at 4:21 am. It’s filed under Movie and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

One thought on “Supervillain Origins: Ultron

  1. Pingback: Review Ngehek Avengers: Age of Ultron | BAHAN NGOBROL

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: